Rabu, 06 Oktober 2010

sedap malam padarincang

Bunga Sedap Malam dari Padarincang
Oleh : Mulyana, S.PKP.

Belum banyak orang tahu bahwa di Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang Provinsi Banten ada Kelompok Tani yang sudah mengusahakan Bunga Sedap Malam, karena sebelumnya bunga Sedap Malam masih didatangkan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Ada tiga kelompoktani yang mengusahakan bunga sedap malam, Kelompoktani Pada Tani di Desa Citasuk, Kelompoktani Giat di Desa Kadu Beureum dan Kelompoktani Sri Tani di Desa Batukuwung. Sepanjang Tahun 2010 tanaman bunga sedap malam di Kecamatan Padarincang, berjumlah kurang lebih 2 hektar dengan populasi tanaman tidak kurang dari 120.000 rumpun. Dalam jangka waktu dua tahun (umur produktif bunga sedap malam) satu rumpun bisa menghasilkan 10 tangkai. Jadi bunga yang dihasilkan berjumlah 1.200.000 tangkai (bila keadaan normal). Harga satu tangkai bunga sedap malam pada hari-hari biasa Rp. 500,- , namun bila panen jatuh pada Hari Raya, harganya bisa mencapai Rp 2.000,- pertangkai di tingkat petani, sementara di Rawa Belong Jakarta (pusat pasar bunga sedap malam) harga borongan bisa mencapai Rp. 3.000,- pertangkai dan harga eceran antara Rp. 5.000,- sampai Rp. 8.000,- per tangkai.
Bunga sedap malam produksi kelompoktani Padarincang memiliki panjang tangkai bunga antara 30 sampai 70 Cm dengan jumlah kuntum antara 30 sampai 70 buah.
Dalam rangka mengangkat citra bunga sedap malam di Provinsi Banten diharapkan ada kerjasama Kelompok tani dengan pengusaha Hotel atau pengusaha lainnya yang bakal menerima produk lokal, sehingga akan saling menguntungkan antara para petani dengan Pengusaha. Petani untung karena hasil keringatnya dihargai oleh pengusaha, sementara pengusaha akan untung karena ada hasil tambahan dari peningkatan pelayanan hotel.
Pada tahun 2011 tanaman bunga sedap malam akan bertambah lagi sebanyak 5 Ha, 2 Ha dari APBN P dan 3 Ha bersumber dari Program Gubernur Banten yang bernama GEMPITA RATU 2011.
Bunga sedap malam, selain sebagai pengharum ruangan dan tata rias pengantin, bunga, batang dan akarnya bisa digunakan sebagai obat (baca di blog sedap malam). Oleh karena itu selain diberikan teknis budidaya, kelompoktani bunga sedap malam sebaiknya diberikan juga teori dan peralatan pengolahan hasil (pasca panen bunga sedap malam).

Yanamulyana_mulyana@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar